Minggu, 29 April 2012

BERKUMPULNYA KEMBALI NAGA DAN HARIMAU

Judul             : Berkumpulnya Kembali Naga dan Harimau
Pengarang     : Feng Menglong
Penerbit        : Gramedia Pustaka Utama
Kategori       : Kumpulan Cerita
ISBN            : 979-22-2539-0
Tahun          : 2007
Halaman       : 572


(Koleksi : Taman Bacaan "RABBI")


Sinopsis :


Kumpulan Kisah Klasik Dinasti Ming Zhang Shunmei Bertemu Gadis Cantik di Festival Lentera, aslinya berjudul Gujing Xiaoshuo, kisah yang juga dikenal sebagai Yushi Mingyan atau Petunjuk bagi Dunia ini adalah kumpulan cerita pendek yang pertama terbit di China pada tahun 1620 dan dikompilasi oleh Feng Menglong. Bentuk fiksi awal yang berperan dalam perkembangan fiksi daerah itu memuat kisah-kisah yang sangat inspiratif mengenai kehidupan sehari-hari di antara berbagai kelas sosial.

Karakter yang mengisi buku ini adalah cendikiawan dan wanita penghibur, arwah dan hantu, biksu dan biksuni, bajak laut dan kaisar, dan pejabat pemerintah baik dan jujur maupun korup. mereka terlibat dalam intrik politik, cobaab, pembunuhan, pertemanan, pertikaian warisan, perselingkuhan, dan perjalanan ke akhirat. Adat istiadat dipaparkan dalam plot dan subplot yang menarik, di mana kebaikan akhirnya mendapat pahala, dan dunia-baik yang kasatmata maupun tidak-digambarkan sebagai tempat yang rumit tapi pada akhirnya masuk akal dan bisa dimaklumi. Jalan-jalan dan kediaman masyarakat China di akhir era Ming, serta orang-orang yang menghuninya, menjadi hidup dalam terjemahan Shuhui Yang dan Yunqin Yang yang mengalir dan penuh warna.

Terjemahan lengkap ini diberi ilustrasi serangkaian ukiran kayu dari edisi aslinya, yaitu Edisi Ming, dan mencakup catatan antarbaris serta catatan pinggir kompilatornya, maupun puisi liris yang diuntai di sepanjang kisah-kisahnya.
~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar