Jumat, 18 Mei 2012

THE GREAT GHOST RESCUE
(OPERASI PENYELAMATAN HANTU)
Eva Ibbotson

Humphrey si Mengerikan sama sekali tidak mengerikan. Sebagai anak dari pasangan hantu berkaki buntung yang berjulukan Kilt Melayang, dan Hag yang berbau busuk, Humphrey tidak bisa dibandingkan dengan kedua kakaknya : Gerge si Tengkorak Menjerit, yang bisa menyerukan jeritan menakutkan; ataupun Winifred Meratap yang selalu melayang-layang dengan gaun penuh bercak darah.

Petualangan dimulai ketika Humphrey sekeluarga harus meninggalkan Kastil Craggyford, tempat tinggal mereka selama beratus-ratus tahun, karena kastil itu akan dipugar. Namun ternyata keluarga Humphrey bukan satu-satunya. Di berbagai tempat, para hantu dan monster Inggris terusir dari rumah mereka sendiri akibat modernisasi. Ide mendirikan suaka hantu pun muncul.

Namun suaka yang mereka idam-idamkan ternyata perangkap besar untuk melenyapkan pada hantu. Mereka dieksorsis! George mulali meleleh, Kilt Melayang makin pudar, Winifred tergeletak tak berdaya... Humphrey mengerahkan sisa-sisa tenaga untuk mencari bantuan. Bila terlambat, keluarga dan teman-temannya akan musnah.

[Koleksi TB RABBI]


EVA IBBOTON

Bahkan sebelum Herry Potter terpikirkan oleh J.K. Rowling, Eva Ibbotson telah menulis tentang penyihir. Which Wich? atau Penyihir Mencari Istri pada tahun 2001 memenangkan Anne Spencer Lindberg Prize untuk kategori novel fantasi anak, dan ketika pertama kali diterbitkan tahun 1979, terpilih sebagai runner-up penghargaan prestisius Carnegie Medal. Bukunya yang lain tentang dunia sihir, The Secret of Flatform 13 - dipilih School Liberary Juornal sebagai Best Book of the Year.

Eva Ibbotson lahir di Wina, Australia. Pada tahun 1933, saat dia berusia delapan tahun, keluarganya pindah ke Inggris. Tahun itu Nazi berhasil menguasai Jerman, dan ayah Eva, seorang Yahudi, menerima tawaran pekerjaan dari Edinburg University. Belakangan ayahnya inilah yang membujuk Eva untuk belajar psikologi alih-alih bahasa Inggris.

Pada tahun 1960, Eva dan suaminya Alan pindah ke Newcastle, Inggris utara. Eva dan Alan dikaruniai seorang anak perempuan dan tiga anak laki-laki. Keempat anaknya inilah yang menunjukkan kepadanya bahwa anak-anak suka membaca tentang hantu dan penyihir "karena mereka sama seperti manusia, hanya saja lebih gila dan lebih menarik".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar