Rabu, 16 Mei 2012

KESETIAAN PADA TAO
MEMBAWA KEABADIAN BAGI LI QING
Feng Menglong

Berkat kesetiaannya pada ajaran Tao, seorang lelaki tua berhasil mencapai kebijaksanaan dan keabadian dalam hidupnya. Tak hanya itu, sebagai tabib dia juga telah banyak membantu sesama. Inilah tema utama dari ceerita pendek Kesetiaan pada Tao Membawa Kebahagiaan bagi Li Qing yang hadir bersama 12 cerita lainnya di buku ini.

Keseluruhan cerita pendek di buku ini bagian dari Kisah-kisah untuk Menyadarkan Dunia yang aslinya berjudul Xingshi hengyan, ditulis oleh Feng Menglong dan diterbitkan pertama kali di Sushou pada 1627. Total ada 40 cerita pendek dalam Xingshi hengayan yang diterbitkan dalam tiga volume. Seluruh kisah ini diterjemahkan Shuhui dan Yinqin Yang yang sebelumnya telah diterjemahkan kumpulan kisah Feng Menglong lainnya, yaitu Kisah-Kisah Lama dan Baru (Gujin xiaoshuo; 1620 atau 1621) atau yang juga dikenal sebagai Petunjuk Bagi Dunia (Yushi mingyan), dan Kisah-kisah untuk Memperingatkan Dunia (Jingshi tongyan; 1624) Kedua kumcer tersebut sudah diterbitkan dalam bahasa Indonesia.

Kumcer pertama, Gujin xiaoshuo atau Yushi mingyan, terbit dalam dua volume.
- Kumpulan Kisah Klasik Dinasti Ming : Bertemunya Kembali Naga dan Harimau
- Kumpulan Kisah Klasik Dinasti Ming : Zhang Shunmei Bertemu Gadis Cantik di Festival Lentera

Kumcer kedua, Jingshi tongyang, diterbitkan dalam dua volume.
- Kumpulan Kisah Klasik Dinasti Ming : Kisah Belut Emas
- Kumpulan Kisah Klasik Dinasti Ming : Kaisar Taizu Menyelamatkan Si Jelita Jingniang

Feng Menglong (1574-1646) adalah pakar nomor satu sastra populer pada zamannya, dan terkenal lewat tiga kumpulan cerpen yang secara kolektif sering disebut Sanyan.

[Koleksi TB RABBI]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar