Selasa, 15 Mei 2012

TAGORE 
DAN MASA KANAK
Rabindranath Tagore


Sang pematung yang menciptakan diriku memulai pekerjaan tangannya dengan tanah liat Bengali. Dari sanalah bangunan dasarku terbentuk. Itulah masa kanak-kanakku, terbuat dari bahan-bahan murni, dengan sedikit saja tambahan. 
Sebagian besarnya tersimpan di dalam diriku sendiri, sebagian unsur lain  ditentukan    oleh    lingkungan  dan  orang-orang  di sekitarku. Kerap, proses pembangunan karakter berhenti di titik ini. Mereka yang juga  menjalani  perawatan khusus dan pembentukan ulang di pabrik pendidikan mendapatkan nilai tukar di pasaran merk dagang.

Bagi Rabindranath Tagore-penyair, pelukis, pencipta lagu, dan perain Nobel Sastra 1913 - masa kanak yang lepas bebas merupakan awal menuju pribadi yang sehat. Sebanyak 25 cerita pendek terpilih dalam Tagore dan Masa Kanak ini berkisah antara lain tentang seorang anak dan ayahnya dan seorang cucu dan kakeknya. percakapan yang terjalin terasa segar, jenaka, cerdas, dan liar. Diceritakan pula masa kanak-kanak sang pujangga, kenangan, kekonyolan, dan khayalan yang melambung tinggi. 
Seluruh cerita seperti mengingatkan kita pada syairnya : "Where the mind is without fear and the head is held high; Where knowldg is free; Where the world has not been broken up into fragments by narrow domestic walls..."

[Koleksi TB RABBI]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar