Sabtu, 02 Juni 2012

TUHAN MAHA TAHU
TAPI DIA MENUNGGU
(Kumpulan Cerita)
Loe Tolstoy

LEO TOLSTOY merupakan sastrawan klasik terbesar yang berpengaruh luas dalam pembentukan perkembangan sastra dunia modern. Dia juga seorang pemikir sosial dan moral terkemuka, karyanya bercorak realis dan bernuansa religius sarat renungan noral dan filsafat.

Selain menulis dua buah masterpiece yang membuat namanya terus hadir dalam ingatan setiap pembaca sastra, yakni War and Peace dan Anna Karenina,  dia adalah penulis cerita yang sangat kuat dan terkemuka dibandingkan dengan siapa pun. Sejumlah ceritanya pun abadi, dibaca sepanjang masa dari generasi ke generasi, antara lain Ilyas, Alyosha, Sebutir Gandum dari Tanah Tuhan, Berapakah Luas Tanah yang Diperlukan Seseorang? Ziarah, serta Tuhan dan Manusia.
Dalam edisi baru buku ini disertakan Matinya Ivan Ilich, sebuah karya yang oleh kritik dianggap merupakan salah satu masterpiece aliran realisme psikologis, bahkan mungkin yang paling baik; sangat mempesona dan kuat. Pilihan dalam buku ini boleh disebut sebagai kumpulan cerita terbaiknya.

Kita bisa mendapatkan banyak hal dari membaca buku ini, baik implisit maupun eksplisit, setidak-tidaknya karena Tolstoy adalah contoh terbaik sastra klasik. Lebih dari harapan siapa pun, pembaca boleh berharap mendapatkan hikmah, moral, teladan, renungan kehidupan, kenikmatan, termasuk dari cara bertuturnya.

Di antara banyak pilihan membaca buku sastra. Tuhan Maha Tahu, Tapi Dia Menunggu: Kumpulan Cerita Leo Tolstoy menawarkan kenikmatan awal untuk membaca karya Tolstoy berikutnya. Disajikan dengan hati-hati melalui penerjemahan yang apik, buku ini memberi jaminan bahwa pembaca tak akan menyesal dengan keputusan memilikinya.


Leo Tolstoy : penulis Rusia, salah satu novelis terbesar dunia; penulis cerita pendek brilian sebelum akhirnya mapan sebagai novelis ulung Rusia -- Merriam-Webster' Encyclopedia of Literature.


[Koleksi TB RABBI]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar